Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Berawal Dari Makanan

Dr. Grace Judio-Kahl, M.Sc., MH, CHt.,weight control consultant, serta ahli fisiologi  di Light House menjelaskan bahwa ada 10 cara jitu untuk hidup sehat yang dapat Anda coba!

1. Be practical and be smart. Tidak menelan mentah-mentah informasi kesehatan apa pun itu. Banyak info kesehatan dari luar negeri yang belum tentu sesuai dengan kondisi orang Indonesia.  


2. Makanan pokok khas Indonesia adalah nasi putih. Mengubah orang Indonesia untuk tidak makan nasi putih,

rasanya tidak mungkin. Malah bisa bikin frustrasi. Bahkan, penderita diabetes pun masih bisa makan nasi putih, seperti nasi India yang rendah glikemik indeksnya. Bagi mereka yang tidak punya riwayat penyakit, tidak perlu takut mengonsumsi nasi putih. Bagi mereka yang obesitas, perlu diperhatikan kalorinya. Yang penting, dampingi nasi dengan protein sehingga gula darah tidak naik turun, seperti yang dikhawatirkan.

3. Manfaatkan aneka bumbu untuk membuat makanan lebih enak tanpa menambah kalori. Indonesia  kan sangat kaya bumbu. Misalnya, oat. Rasanya mungkin tidak sesuai lidah Indonesia kebanyakan, tapi bisa diolah agar lebih sesuai. Tambahkan serai, daun jeruk, bumbu soto, suwiran ayam, jadilah bubur ayam.


4. 'Makan malam bagai ratu, makan pagi bagai putri' adalah prinsip yang cocok dengan gaya hidup di Jakarta. Malam hari adalah saatnya seseorang bisa menikmati makan lebih enak. Sementara makan pagi, bagi orang Jakarta yang kerjanya relatif tidak terlalu perlu banyak tenaga, dan nggak terlalu lapar, tidak perlu makan besar seperti raja. Porsinya tidak terlalu banyak, asal gizi cukup. Siang makan secukupnya, makan malam agak banyak, nggak apa-apa. Memang ada penelitian membandingkan yang makan malam dan tidak makan malam, tapi perbedaannya sangat kecil. Yang penting perhatikan total kalori 24 jam, sekitar 1.800 – 2.000 kalori untuk menjaga berat badan ideal.


5. Untuk menjaga kesehatan, jangan hindari makan ikan, karena ikan mengandung omega 3 dan kolesterol baik. Tapi, terlalu banyak ikan juga tidak baik untuk berat badan.

Untuk sehat memang tidak boleh banyak makan gorengan. Siapa bilang makanan sehat  rasanya tidak enak. Tergantung kreativitas saja. Cobalah bereksperimen dengan memakai bumbu sebanyak mungkin.

6. Mengonsumsi kayu manis bubuk  3 gram, 3 kali sehari, selama 30 hari, berkhasiat menurunkan resistensi insulin. Berat 3 gram itu setara dengan satu sendok makan. Bisa dicampur dalam teh atau cappuccino. Kalau dilakukan terus selama 3 bulan, kadar gula darah dan kolesterol akan membaik. Setelah itu, cukup satu sendok makan per hari.


7. Hati-hati membaca label yang mempromosikan kesehatan, jika Anda ingin berat tubuh yang ideal. Sehat belum tentu membuat berat tubuh ideal.

8. Minyak zaitun memang menyehatkan karena mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh, tapi kalorinya tinggi. 

9. Jangan berutang kalori: makan sesuka hati dulu, baru dibayar dengan olahraga belakangan. Lebih baik kerja dulu, baru makannya boleh lebih banyak. Bukan reward, tapi payoff. Ini penting untuk menghindari gangguan pola makan seperti bulimia.


10. Buah baik karena banyak mengandung antioksidan, tapi belum tentu baik untuk kesehatan. Misalnya, pada mereka yang memiliki kecenderungan gula darah tinggi, ada buah-buah tertentu yang mengandung gula tinggi (contoh: semangka, sawo). Bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan, perlu diketahui bahwa buah juga mengandung kalori. Jika makan buahnya banyak (contoh: makan pisang 5 buah), nilainya bisa setara dengan sepiring nasi.

13 comments:

  1. Informasi yang sangat mantap, benar-benar berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya kawan
    terima kasih banyak tipsnya yah
    salam sukses kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. moga2 manfaat ya pak..
      thank u for coming :)

      Delete
  2. Ngomong soal makanan jadi laper neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru ngomongin aja da laper ja gan apalagi cium baunya yg ada kelaparan lah..
      hiiihii

      Delete
  3. smua nya emg tergantung apa yg kita makan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali sob..
      thank u..

      Delete
  4. Thank you so much.

    ReplyDelete
    Replies
    1. You are welcome GLace..
      Come again :)

      Delete
  5. selamat malam berkunjung sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met pagi sob..
      Agak mendung hari ini..

      Delete
  6. yang point nomer 2 bener banget. orang indonesia kalo belom makan nasi berarti bisa dikatakan dia belom makan. hehehe

    Rumah Dijual Jakarta

    ReplyDelete
  7. Sip banget dah infonya ;)

    ReplyDelete
  8. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    ReplyDelete