Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Posisi Tidur Bagi Kesehatan


Cara hidup sehat bisa diperoleh salah satu faktornya adalah pada posisi tidur Anda. Posisi tidur yang salah akan menyebabkan badan Anda terasa pegal seharian. Posisi tidur terbagi dari beberapa macam yaitu posisi terlentang, miring, telungkup dan tengkurap. Posisi tidur seperti itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut penjelasan bagaimana kelebihan dan kekuranganposisi tidur bagi kesehatan Anda.
  • Posisi tidur terlentang. Posisi yang sangat ideal untuk mencegah nyeri pada leher dan punggung, dapat mengurangi refluks asam lambung, dan meminimalkan keriput bentuk payudara agar tidak mudah kendur. Namun, posisi ini akan menyebabkan tidur mendengkur bagi sebagian orang. 
  • Posisi tidur miring. Pada posisi ini dapat mengurangi Anda mendengkur dan posisi ini sangat nyaman bagi ibu hamil. Namun, dengan posisi tidur ini akan mempercepat timbulnya kerutan pada wajah dan menyebabkan payudara cepat kendur.
  • Posisi tidur melengkung, yaitu posisi menyamping dengan lutut ditekuk ke arah dada seperti posisi janin. Kekurangan dari posisi tidur yang tidak dianjurkan ini akan menyebabkan gangguan pernafasan, nyeri punggung, wajah keriput lebih cepat, serta payudara mengendur. Namun posisi ini sering dirasakan nyaman oleh ibu hamil.
  • Posisi tengkurap, sebaiknya menghindari posisi tidur yang seperti ini. Karena posisi tidur seperti ini akan memberi tekanan pada sendi otot-otot yang menyebabkan nyeri punggung, kebas (kesemutan) dan leher pegal.

Dengan begitu, cara hidup sehat bisa Anda peroleh dengan memperhatikan posisi tidur Anda yang benar. Kesehatan tubuh akan membuat Anda terasa lebih rileks dan bugar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

5 comments:

  1. kalo aku sukanya tidur miring sob, hehehe... udah kebiasaan kali yah

    ReplyDelete
  2. Gpp sob..
    mn nyaman nya aja :)

    ReplyDelete
  3. infonya bagus sekali gan..terutama buat saya...salam..

    ReplyDelete