Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Makanan Penyebab Bau Badan


Bau badan tentu dapat menggangu penampilan Anda. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menghilangkannya, salah satunya dengan menghindari makanan penyebab bau badan berikut ini:

Karbohidrat rendah
Jika Anda sedang menjalani diet dengan memotong asupan karbohidrat dalam tubuh, maka bersiaplah menghadapi bau keringat yang buruk. Hal ini disebabkan pemotongan karbohidrat yang menyebabkan makanan kaya protein berlebihan dalam tubuh. Kondisi tersebut dapat membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh namun memicu pelepasan keton ke aliran darah sehingga mengeluarkan bau keringat tidak sedap.

Trimetilamina
Bau badan bisa juga disebabkan oleh kelainan genetik, khususnya penderita trimethylaminuria. Kondisi kelainan genetik trimethylaminuria membuat tubuh tidak mampu memecah asam amino, trimetilamin dan menyebabkan bau badan amis. Seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, produk kedelai, kacang-kacangan, dan brokoli termasuk dalam jenis makanan mengandung asam amino.

Rempah-rempah
Beberapa rempah-rempah memiliki aroma kuat sehingga ketika dicerna dapat menghasilkan gas sulfur. Gas tersebut akan diserap darah dan dielimibasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Sampai akhirnya menyebabkan bau mulut dan bau badan. Rempah-rempah penyebab bau badan tersebut, di antaranya: bawang merah, bawang putih, dan kari.

Alkohol dan kafein
Alkohol dan kafein ternyata bisa menjadi penyebab bau badan. Selain itu, jika Anda mengonsumsi berlebihan kedua minuman tersebut bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Makanan olahan dan junk food
Bau badan dan bau mulut bisa disebabkan oleh konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak gamar/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan lainnya. Makanan olahan cenderung akan membusuk di perut sehingga memproduksi bau napas dan bau badan.

Produk susu
Produk susu kaya akan protein sehingga ketika dipecah dalam perut dapat menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan. Kedua elemen tersebut dapat memicu bebauan busuk.

Daging Merah
Semakin lama tubuh mencerna makanan, maka tubuh akan melepaskan racun dan gas berbau busuk yang menjadi penyebab bau keringat. Begitu pun yang terjadi ketika Anda mengonsumsi daging merah. Jenis daging merah memang membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya sehingga ada baiknya jangan terlalu sering mengonsumsinya.

Tembakau
Rata-rata perokok memiliki bau badan yang khas. Kondisi ini disebabkan asap rokok yang bercampur dengan unsur lain lalu keluar melalui kelenjar keringat sehingga menimbulkan bebauan yang khas. Bau ini tetap akan tinggal di badan selama berminggu-minggu bahkan setelah Anda berhenti merokok.

Kolin
Hindari makanan kaya akan kolin, seperti telur, ikan, hati, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat membuat keringat berbau ikan atau amis.

Gorengan
Lemak dan minyak dalam makanan lama-kelamaan dapat menjadi tengik. Gorengan pun dapat menyebabkan pencernaan buruk sehingga menyebabkan bau badan yang tidak enak.

Selain menghindari mengonsumsi makanan penyebab bau badan terlalu banyak, Anda pun bisa melakukan beberapa cara berikut ini; konsumsi air putih yang banyak, konsumsi makanan mengandung serat, konsumsi buah-buahan dengan kandungan kolin yang rendah (apel, stroberi, jeruk, tomat, anggur, pisang, nanas, dan semangka).

6 comments:

  1. oalah smua item nya awak suka pula lah..
    hadeeh hadeh..
    tapi blm ada komplain..
    hopefully jgn lah..
    hihihihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai dikurangin aja ya say..
      Pan biar sehat juga..
      Thank u..

      Delete
  2. Bau badan memang sangat mengganggu dalam aktifitas sehari-hari...
    cara mengatasinya selain dengan mandi teratur ada tanaman unik yang bisa menghilangkan bau badan juga loh, namanya beluntas.. cek TKP gan.. ^_^

    http://kebunbibit.com/920-beluntas.html

    ReplyDelete
  3. Bau badan muncul biasanya diakibatkan oleh keringat, dari keringat maka muncullah bakteri dan kuman yang akan mengeluarkan bau. Jadi, jaga badan tetap sehat, bebas dari keringat, agar tetap adem.. :)

    ReplyDelete